BOLA BASKET

PERATURAN TEKNIS

“MADURA JUNIOR BASKETBALL COMPETITION”

 

A. Umum

 1.  Tiap tim beranggotakan 7 – 12 orang.

2.  Tiap tim dibimbing oleh 1 – 2 orang ofisial.

3.  Tiap lembaga diperbolehkan mengirim peserta lebih dari 1 tim.

4.  Pemain adalah siswa/i aktif dari SD/MI atau SMP/MTs dari lembaga yang bersangkutan. Hal ini ditegaskan dengan melampirkan fotokopi rapor atau kartu pelajar dari lembaga yang bersangkutan.

5.  Tim harus membawa surat pengantar atau surat keterangan dari Kepala Sekolah atau yang mewakili yang disertai stempel.

6.  Panitia berhak mendiskualifikasi tim yang terbukti memakai pemain di luar lembaga setempat, dan tim yang berhak maju ke quarter selanjutnya adalah tim yang diagendakan bertanding dengan tim terdiskualifikasi pada partai terakhir.

7.  Tim atau pemain yang hendak melakukan protes (terutama yang berkaitan dengan dengan status pemain) harus dapat membuktikan kebenarannya kepada Panitia dan menyerahkan uang jaminan sebesar Rp500.000,00 (Lima ratus ribu rupiah). Uang jaminan sepenuhnya menjadi hak Panitia. Selanjutnya, bukti tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan bagi Panitia.

B. Khusus

1.  Kompetisi ini bekerjasama dengan PERBASI Kabupaten Pamekasan. Segala ketentuan teknis diserahkan sepenuhnya kepada Pengcab PERBASI Kabupaten Pamekasan.

2.  Tiap pemain wajib mengenakan kostum yang sama dan bernomor punggung.

3.  Nomor punggung pemain adalah antara 4 – 15.

4.  Tiap pemain wajib menggunakan sepatu olahraga. Sedangkan ofisial atau pelatih wajib menggunakan pakaian rapi (berkemeja, bercelana kain, dan bersepatu pantovel).

5.  Kompetisi ini menggunakan sistem gugur.

6.  Waktu pertandingan, baik pada saat penyisihan maupun final adalah 4 x 10 menit.

7.  Tiap tim diberi kesempatan untuk time out sebanyak 2 kali di quarter 1 dan 3 kali di quarter kedua.

8.  Waktu tiap time out adalah 1 menit.

9.  Apabila saat jam pertandingan, salah satu tim belum datang maka akan diberikan peringatan, yaitu sebanyak 3 (tiga) kali dengan jeda waktu 5 menit. Apabila tim tersebut belum juga datang, maka tim tersebut dinyatakan Walk Out (WO), dan kemenangan akan diberikan kepada tim lawan.

10.Tiap tim wajib mematuhi jadwal pertandingan sesuai dengan kesepakatan saat technical meeting.

C. Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini dilaksanakan pada:

Tanggal      : 12 – 22 Mei 2012

Pukul          : 15.00 – 19.00 WIB

Tempat       : Lapangan Basket Sekolah Katolik

Jl. Stadion No. 172 Pamekasan

Jadwal        : ditentukan pada saat technical meeting.

D. Wasit

 1.  Setiap pertandingan dipimpin oleh wasit yang memiliki wewenang penuh untuk memegang teguh peraturan permainan sehubungan dengan pertandingan di mana ia telah ditunjuk untuk memimpinnya, terhitung mulai dari saat ia masuk sampai dengan ia meninggalkan lapangan tersebut.

2.  Wasit yang memimpin pertandingan adalah wasit dari PERBASI Kabupaten Pamekasan.

3.  Semua keputusan wasit mengenai fakta yang berhubungan dengan permainan adalah final dan tidak dapat diubah.


E. Sanksi Terhadap Pembuat Onar dan Pemogokan

1.  Apabila pemain, ofisial, atau pendukung tim membuat onar/keributan (yang memancing emosi), maka tim tersebut akan dinyatakan kalah melalui keputusan diskualifikasi.

2.  Pertandingan yang sedang berlangsung pada dasarnya tidak boleh dihentikan oleh adanya pemogokan. Apabila karena suatu hal sehingga pertandingan berhenti, wasit akan memberikan waktu paling lama 5 menit kepada tim yang melakukan pemogokan. Jika waktu 5 menit tersebut dilalui dan tim yang dimaksud tidak bersedia melanjutkan pertandingan, maka tim tersebut akan dinyatakan kalah melalui keputusan diskualifikasi.

3.  Seorang pemain yang melakukan penganiayaan terhadap pemain lawan atau wasit yang memimpin pertandingan, akan dikeluarkan dari lapangan oleh wasit dan secara otomatis tidak diperbolehkan mengikuti pertandingan yang tersisa. Dalam hal ini tidak terjadi pergantian pemain.

4.  Apabila peristiwa penganiayaan tersebut menyebabkan perkelahian massal antarkedua tim, maka kedua tim tersebut akan didiskualifikasi.

5.  Apabila ofisial tim melakukan penganiayaan terhadap pemain lawan atau wasit, maka ia akan dilarang untuk menjadi pemimpin tim pada sisa pertandingan selanjutnya

6.  Apabila poin 3, 4, atau 5 terjadi, maka Panitia akan menyerahkan kasus tersebut kepada pihak berwajib selain memberikan sanksi yang tercantum pada poin tersebut..

F.  Gangguan

 Apabila ada gangguan yang menyebabkan pertandingan terpaksa dihentikan, maka penyelesaian gangguan ditunggu sampai 15 menit. Jika seteleh 30 menit tidak dapat diatasi, maka:

1.  Apabila gangguan tersebut terjadi pada menit ke-5 atau sebelumnya pada quarter pertama, maka pertandingan akan diulangi dari awal.

2.  Apabila gangguan terjadi pada menit ke-6 atau selebihnya pada quarter pertama, pertandingan pada quarter pertama akan dianggap selesai, dan akan dilanjutkan ke quarter kedua dengan skor yang telah dicapai masing-masing tim pada menit-menit sebelumnya.

3.  Apabila gangguan terjadi pada quarter kedua, maka pertandingan dianggap selesai dan skor yang telah dicapai dianggap sah.

4.  Apabila gangguan tersebut terjadi pada quarter tambahan, maka pertandingan dianggap selesai dan skor yang telah dicapai dianggap sah.

G. Bola

1.  Bola yang digunakan untuk pertandingan disediakan oleh Panitia.

2.  Bola yang digunakan untuk latihan pemain/tim disediakan oleh tim sendiri.

H. Technical Meeting dan Biaya Pendaftaran

 1.  Technical meeting akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 8 Mei 2012 pukul 10.00 WIB, bertempat di Aula Sekolah Katolik Pamekasan Jalan Stadion No. 172 Pamekasan.

2.  Biaya pendaftaran peserta diatur sebagai berikut.

a.  tingkat SD/MI sebesar Rp 30.000,00 (tiga puluh ribu rupiah) per tim.

b.  tingkat SMP/MTs sebesar Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah) per tim.

Catatan: tiap sekolah atau lembaga boleh mengirimkan lebih dari 1 tim.

 

I. Pendaftaran Peserta

 Pendaftaran peserta dapat dilakukan dengan cara mengisi formulir dan menyerahkan kembali ke sekretariat panitia dengan menghubungi Erwin Tunggara, S.Pd.

(Jl. Stadion No. 172 Pamekasan, Telepon (0324) 325601, 085645059447)

Pendaftaran berakhir sampai tanggal 8 Mei 2012 (sebelum technical meeting).


J.  Informasi Lengkap Online

 Informasi seluruh kegiatan secara online dapat dilihat di http://www.our60thanniversary.co.cc atau dapat ditanyakan melalui e-mail: sekolahkatolikpamekasan@gmail.com.

 

K. Penutup

 Hal-hal yang belum atau tidak diatur dalam peraturan ini akan ditetapkan kemudian secara khusus dalam technical meeting.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s